Seorang turis asal Rusia memposting perbedaan proses service hp di Singapura dan di Indonesia lewat media sosial Facebook. Dalam postingannya tersebut, turis yang diketahui mempunyai akun Facebook bernama Nik Semenov itu menyatakan awalnya ia sempat memperbaiki hp nya di Singapura. Di Singapura, hp nya diservice dengan durasi 1 jam oleh dua orang teknisi.
Namun rupanya sang teknisi tidak bisa memperbaiki hp nya dan akhirnya mereka menyerah, malah menyarankan turis asal Rusia tersebut untuk mengirimkan hp rusaknya tersebut ke China, negara yang memproduksi hp nya tersebut. Sang teknisi mengatakan biaya untuk pengiriman hp tersebut adalah 400 Dollar Singapura atau sama dengan Rp 3,8 juta serta menghabiskan waktu 3 minggu.
"In Spor they have tried to fix my phone for 1 hour, 2 people. Finally came to conclusion that I need to send it to China, it will take 3 weeks to fix and cost SGD 400," tulis Nik.
Nik tidak percaya begitu saja, dan memilih untuk tidak mengikuti arahan sang teknisi.
Sampai akhirnya, Nik mencoba memperbaiki hp nya tersebut di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan. Dan hasilnya membuat Nik tercengang! Bagaimana tidak, di Jakarta hp nya hanya bisa berfungsi kembali hanya dalam waktu 30 menit, dan yang hebatnya lagi hp tersebut diperbaiki oleh seorang bocah berusia 17 tahun dengan biaya jauh lebih murah daripada di Singapura. Disini Nik hanya dikenakan biaya jasa Rp 750 ribu saja. Selain itu, tempat service di Jakarta memberikan garansi selama 1 bulan serta Nik diberi bonus 1 gelas jus gratis selama menunggu ponselnya diperbaiki.
"In Jkt in Ambass mall: 30 min, one guy 17 years old, for idr 750k (usd 50) fixed my problem in 30 min, gave 30 days warranty and free juice while I was waiting," postingan Nik dalam akun Facebooknya.
Tentu saja postingan Nik tersebut mendapat banyak komentar dari sejumlah netizen, seperti komentar Sri Karminingsih yang pernah mengalami kejadian serupa.
"This is so funny I had that experience same before #foreverambass," tulis Retna Sri Karminingsih mengomentari postingan Nik.
Lalu, ada juga komentar seorang pria yang satu negara dengan Nik, yang sepertinya juga memerlukan jasa bocah 17 tahun itu untuk memperbaiki hp nya.
"How I can find that guy at Ambassador? Need to fix my phone," tulis pria yang mempunyai akun Facebook bernama Pavel Kostyuchenko.
Pertanyaan itu dibalas oleh Nik, dan menyuruh "Datang saja ke lantai 3 yang ada logo iPhone-nya."
No comments:
Post a Comment